Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

SOAL UP PPG AKIDAH AKHLAK 2023

DOWNLOAD SOAL UP PPG AKIDAH AKHLAK 2023
SOAL UP PPG AKIDAH AKHLAK 2023

 SOAL UP PPG AKIDAH AKHLAK 2023

Santri Alat - Soal UP PPG Fikih 2023 Dan Kunci Jawaban - Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Adapun Tujuan Program PPG adalah sebagai berikut : Menghasilkan guru yang memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional serta mampu mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan. 

Guru yang bisa mengikuti PPG Dalam Jabatan yaitu memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan. Berusia paling tinggi 58 tahun pada tahun berkenaan. Sehat jasmani dan rohani. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Adapun syarat-syaratnya diantaranya Lulusan S1/D4 dari PT dengan AIPT minimal B dan dari prodi terakreditasi minimal B; Berusia maks 28 tahun pd tgl 31 Desember tahun pendaftaran. Prodi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG.

Kegiatan Perkuliahan PPG Dalam Jabatan tahun 2023 yaitu:

  1. Pendalaman Materi. Pendalaman materi menjadi tahap awal pengenalan mahasiswa PPG dengan melaksanakan pembelajaran serta diskusi melalui dosen pembimbing.
  2. Uji Komprehensif. 
  3. Praktik Pengalaman Lapangan. 
  4. Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan.

Pada tahapan akhir PPG ada yang di sebut dengan UKIN dan UP. UKIN merupakan bentuk ujian praktik pembelajaran dan uji portofolio. Uji praktik pembelajaran yang meliputi uji persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Uji Pengetahuan (UP) merupakan salah satu ujian tahap akhir bagi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG). Sebagai persiapan mengikuti ujian tersebut, mengerjakan soal adalah salah satu hal yang dapat dipilih.

Soal UP PPG terdiri dari tiga bagian soal, diantaranya Soal Mata Pelajaran (Akidah Akhlak), Soal Pedagogik, dan Soal Sosial Kepribadian. Berikut admin bagikan Soal Pedagogik dan Soal Sosial Kepribadian.

Contoh SOal UP PPG Akidah Akhlak 2023

Soal Nomor 1 - 10

1.  Inti dari akidah Islam adalah tauhid. Tauhid adalah mengesakan Allah yaitu meyakini bahwa sesungguhnya Allah adalah Tuhan yang maha Esa.

 Potongan ayat berikut yang menunjukkan pernyataan akidah Islam di atas adalah … (c)

  1. ولكن البر من آمن بالله واليوم الآخر
  2. كل آمن بالله وملائكته وكتبه ورسله
  3. قل هو الله أحد
  4. ولم يكن له كفوا أحد
  5. مالك يوم الدين

2.  Dalam prinsip Tauhid, menurut Al-Faruqi, terdapat istilah realitas ganda dalam konsep ketuhanan, yaitu Tuhan dan selain Tuhan. Dengan kata lain, ada khaliq da nada makhluq.

 Prinsip di atas juga disebut dengan … (e)

a.  Teologi

b.  Ideasionalitas

c.  Absolut

d.  Ganda

e.  Dualitas

3.  Salah satu perilaku iman kepada Allah adalah menyembah-Nya atau beribadah kepada-Nya. Karena iman tidak cukup hanya diucapkan dengan lisan, tetapi harus diikuti dengan suatu tindakan.

Dalil al-Qur’an yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah … (b)

a.   قل هو الله أحد

b.  إنني أنا الله لاإله إلا أنا فاعبدني وأقم الصلاة لذكري

c.   كل آمن بالله وملائكته وكتبه ورسله

d.   قل أعوذ برب الفلق

   e ولكن البر من آمن بالله واليوم الآخر

4.     Keyakinan kepada malaikat yang dimiliki pak Marto tinggi. Ketika pak Marto tidak lulus pada PPG tahun 2018 kemarin,  ia tidak merasakan putus asa dan menyerah atas yang terjadi kepadanya. Hal ini dikarenakan ...

A.   Pak Marto mengamalkan Ilmu yang ia dapatkan pada saat PPG ia terapkan dengan baik.

B.    Memiliki keyakina para malaikat senantiasa memberikan semangat dan dorongan, baik dalam bentuk pemberian rizki dan memberi kabar gembira.

C.    Memiliki keyakinan Allah Maha Menolong.

D.   Pak Marto akan mengikuti PPG tahun depan.

   5.     wa ḍaraba lanā maṡalaw wa nasiya khalqah, qāla may yuḥyil-‘iẓāma wa hiya ramīm Pemahaman Q.S  Yasin ayat 78 dapat peningkatan keimanan kita kepada hari Akhir. Dalam ayat ini terkandung makna:

A.    Meyakini hari kiamat maka hal ini bisa mencegah kita untuk selalu menghindarkan diri dari perbuatan buruk. 

B.     Dahsyatnya hari kiamat digambarkan dengan gunung-gunung yang dihancurkan.

C.     Iman kepada hari akhir pembeda antara orang mukmin dan orang yang tidak mukmin.

D.    Keberadaan kembali sesuatu setelah kepunahannya adalah bisa atau mungkin.

E.   Aspek keimanan kepada Hari akhir yang pertama adalah Al-Ba‟tsu.

  6. Q.s.Attakwir ayat 1-7 artinya “Apabila matahari digulung , dan apabila bintang-bintang berjatuhan , dan apabila gunung-gunung dihancurkan , dan apabila unta unta bunting ditinggalkan 4, dan apabila binatang-binatang buas dikumpulkan , dan apabila lautan dijadikan meluap , dan apabila ruh-ruh dipersatukan”. Dari arti al Qur’an di atas menunjukan.

A.   Hari kiamat adalah hari yang dihancurkannya dunia ini  dengan segalanya isinya.

B.   Hari kiamat adalah hari pembalasan bagi manusia sesuai amal yang diperbuat sewaktu hidup di dunia.

C.    Hari kiamat adalah hari kebangkitan manusia dari kuburnya dan hisab amal perbuatannya.

D.  Hari kiamat yang hari hacurnya dunia ini baik yang di bumi atau yang dilangit serta dibangkitkannya manusia dari alam kuburnya.

E.  Hari kiamat adalah hari musnahnya seluruh mahluk hidup

 7. Dahsyatnya hari kiamat juga digambarkan dengan gunung-gunung yang dihancurkan betapa mengerikan menggambarkan gunung dihancurkan sementara kita melihat gunung meletus saja sudah membawa akibat yang luar biasa, sedangkan di hari akhir nanti gunung-gunung tidak hanya satu tidak hanya meletus tetapi dihancurkan gunung yang menjadi pasak dari bumi dihancurkan sehingga bumi kehilangan keseimbangan nya yang akhirnya ikut hancur karena ya itulah gambaran dahsyatnya hari kiamat. Kata-kata gunung yang dihacurkan sesuai dengan Q.S. ...

A.  Q.S. Attakwir : 1

B.  Q.S. Attakwir : 2

C.  Q.S. Attakwir : 3

D.  Q.S. Attakwir : 4

E.  Q.S. Attakwir : 5

 8.    Perhatikan pernyataan dibawah ini

A. Cinta di dalam melakukan ketaatan serta senantiasa menjaga perilaku taat dengan mengharap pahala untuk bekal di hari akhir

B.  Takut untuk melakukan perbuatan maksiat untuk mendapatkan nikmat dan pahala

C.  Takut untuk melakukan perbuatan maksiat serta Ridho meninggalkan perbuatan tersebut karena takut akan siksa Allah di hari kiamat kelak

E. sebagai hiburan bagi orang mukmin atas apa yang telah dilewatkan nya di dunia bahwasanya kelak di akhirat dia akan mendapatkan nikmat dan pahala

 9.  Allah  S.W.T menurunkan wahyu berupa kitab kepada para Rasulnya dan harus disampaikan kepada ummatnya, tetapi al-Quran merupakan kitab terakhir dan penyempurna dari kitab-kitab terdahulu. Ayat yang menerangkan Kitab Al-Quran sebagai penyempurna kitab terdahulu adalah .......

A.  QS. Al-Baqarah ; 136

B.   QS. Al-Imran ; 2-3

C.   QS. Al-Baqarah ; 285

D.   QS. Thaha ; 33

E.    QS. Al-Hijr ; 9

 10. Di bawah ini hikmah yang dimiliki oleh orang yang beriman kepada kitab-kitab Allah, kecuali ............

A.  hidunya menjadi lebih tertata

B.   keimanannya menjadi lebih meningkat

C.   terjaga ketakwaannya

D.   menumbuhkan sikap optimis

E.   hatinya menjadi resah gelisah 

Untuk Soal UP Akidah Akhlak PPG 2023, admin telah menyediakan link download yang bisa diakses untuk file latihan soal UP Akidah Akhlak. Berikut admin sediakan link Download dibawah ini.

DOWNLOAD SOAL UP PPG AKIDAH AKHLAK 2023

  1. Latihan Soal 1  Download
  2. Latihan Soal 2  Download
  3. Latihan Soal 3  Download

Seoga bermanfaat dan LULUS UKMPPG 2023.

Soal