Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

BAB I'RAB

BAB I'RAB
BAB I'RAB

BAB I'RAB

SANTRI ALAT - Bab I'rab - I'rab adalah perubahan akhir kata karena berbeda nya amil yang masuk pada kata (penyebab perubahan akhir kata) yang menyertainya baik secara lafalnya maupun taqdirnya (perkiraan). 

Para ulama Nahwu berbeda- beda dalam mendeskripsikan i’rab. Namun dalam perbandingan opini itu antara ulama satu dengaan yang yang lain membidik ke pada satu tujuan serta arti yang serupa. Bagi Syekh Zaini Dahlan dalam buku Matan al- Jurumiyah menarangkan, kalau i’ rab merupakan pergantian kondisi akhir tutur sebab perbandingan sebagian amil (pemicu pergantian akhir tutur) yang menyertainya, bagus dengan cara ucapan ataupun ditaksir.

Sebaliknya bagi pendapat Musthafa al- Ghalayain serta Ahmad al- Hasyimi. Mereka menjelaskan kalau i’ rab merupakan pergantian akhir tutur sebab perbandingan amil- amil yang masuk pada tutur yang diartikan. Dari penafsiran itu, kita bisa menguasai kalau seluruh suatu yang berganti sebab sesuatu amil hingga diucap mu’ rab.

Didalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagian dari ilmu nahwu yaitu Bab I'rabdidalam bab i'rab ini menjelaskan tentang pengertian i'rab dan pembagiannya, tanda-tanda i'rab dan contoh i'rab lengkap, juga menjelaskan tentang  harkat akhir suatu kalimat apakah rofa', nashab, khofad dan jazem, dalam bab ini juga menjelaskan tentang pembagian i'rab untuk tiga kalimah yaitu isim, fi'il, haraf dari segi mu'rob atau mabninya.

Baca Juga : Tetang Qowaid Nahwu beserta I'rabnya

Semoga artikel ini bisa membantu  untuk kita dapat menentukan harkat akhir kalimah bahasa Arab, karena harkat akhir kalimah bisa menentukan posisi atau susunan kalimah tersebut.
Berikut penjelasan tentang Bab I'rab :

Pengertian I’rab dan Pembagiannya

Apa pengertian I'rab?

Menurut Lughot : اَلْاِبَانَةُ Artinya Jelas

Menurut Istilah Lafadz : مَا جِيْئَ بِهِ لِبَيَانِ مُقْتَضَى الْعَامِلِ مِنْ حَرَكَةٍ اَوْ حَرْفٍ اَوْ سُكُوْنٍ اَوْ حَذْفٍ

Menurut Istilah Ma’na : تَغْيِيْرُ اَوَاخِرِ الْكَلِمِ لِاخْتِلَافِ الْعَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا لَفْظًا اَوْ تَقْدِيْرًا

Artinya : perubahan akhir kalimah karena bedanya amil yang masuk kalimah tersebut, berubah lafadz maupun berubah taqdirnya (perkiraan).

Contoh i'rab berubah lafadznya : جَاءَ زَيْدٌ, رَاَيْتُ زَيْدًا, مَرَرْتُ بِزَيْدٍ

Berubah nya harokah dal lafadz زَيْدٌ contoh i’rab yang berubah di dalam lafadznya. Adapun contoh i’rab yang berubah di dalam taqdirnya (perkiraan) seperti lafadz : جَاءَ الْفَتَى, رَاَيْتُ الْفَتَى, مَرَرْتُ بِالْفَتَى. Kalau dilihat dari segi lafadnya kalimat tersebut tidak berubah, tetapi di dalam taqdirnya (perkiraan) kalimah tersebut berubah i’rabnya karena asal kalimat tersebut adalah جَاءَ الْفَتَيُ, رَاَيْتُ الْفَتَيَ, مَرَرْتُ بِالْفَتَيِ.

Pembagian I’rab ada empat : Rofa’, Nashab, Khofad, Jazem

Elat / alasan I’rab ada empat yaitu : لِيَجْرِيَ عَلَى السُّنَنِ artinya berjalan sesuai dengan karakter/kehidupan manusia.

PEMBAGIAN I'RAB DAN CONTOHNYA

I’rab Rofa

Pengertian I’rab Rofa’

Apa pengertian I’rab Rofa’?

Lughot : الْعُلُو artinya Luhur,atas, tinggi

Istilah : تَغْيِيْرٌ مَخْصُوْصٌ عَلَامَتُهُ الضَّمَّةُ وَمَا نَبَا عَنْهَا

Artinya perubahan kalimat yang ditentukan yang alamat rofa’nya dengan dhomah dan pengganti dhomah, contoh زَيْدٌ ، زَيْدَانِ، زَيْدُوْنَ

Elat/alasan disebut Rofa’ yaitu : لِلرْتِفَاعِ الشَّفَتَيْنِ عِنْدَ نُطْقِ بِهَا artinya terangkatnya dua bibir ketika mengucpkannya.

I’rab Nashab

Pengertian I’rab Nashab

Apa pengertian I’rab Nashab?

Lughot : الاِسْتِقَامَة artinya Lurus

Istilah : تَغْيِيْرٌ مَخْصُوْصٌ عَلَامَتُهُ الفَتْحَةُ وَمَا نَبَا عَنْهَا

Artinya perubahan kalimat yang ditentukan yang alamat nashabnya dengan fathah dan pengganti fathah, contoh i'rab nashab:  زَيْدًا ، زَيْدَيْنِ، زَيْدِيْنَ

Elat/alasan disebut Nashab yaitu : لِلنْتِصَابِ الشَّفَتَيْنِ عِنْدَ نُطْقِ بِهَا artinya tegaknya dua bibir ketika mengucpkannya.

I’rab Khofad

Pengertian I’rab Khofad

Apa pengertian I’rab Khofad?

Lughot : الخُضُوْع artinya tunduk

Istilah : تَغْيِيْرٌ مَخْصُوْصٌ عَلَامَتُهُ الفَتْحَةُ وَمَا نَبَا عَنْهَا

Artinya perubahan kalimat yang ditentukan yang alamat Khofadnya dengan kasroh dan pengganti kasroh, contoh زَيْدٍ ، زَيْدَيْنِ

Elat/alasan disebut Khofad yaitu : لِلنْجِرَارِ الشَّفَتَيْنِ السُّفْلَى عِنْدَ نُطْقِ بِهَا artinya kebawahnya dua bibir ketika mengucpkannya.

I’rab Jazem

Pengertian I’rab Jazem

Apa pengertian I’rab Jazem’?

Lughot : القَطْع artinya terputus

Istilah : تَغْيِيْرٌ مَخْصُوْصٌ عَلَامَتُهُ السُّكُوْنُ وَمَا نَبَا عَنْهُ

Artinya perubahan kalimat yang ditentukan yang alamat Jazemnya dengan sukun dan pengganti sukun, contoh لَمْ يَنْصُرْ، لَمْ يَرْمِ

Dari I’rab yang empat terbagi dua bagian yaitu masuk ke dalam kalimah fi’il dan isim, dan yang khusus masuk kalimah isim saja dan fi’il saja, yaitu Yang masuk kalimah fi’il dan isim yaitu I’rab Rofa’ dan Nashab, yang khusus masuk kalimah isim adalah Khofad, dan yang khusus masuk kalimah fi’il adalah Jazem.

Jadi kalimah Isim mempunyai tiga I’rab yaitu: rofa’, nashab, khofad tidak jazem. Sedangkan kalimah fi’il juga mempunyai tiga I’rab yaitu: rofa’, nashab, jazem tidak khofad.

Elat / alasan Je’er ditentukan untuk Isim dan sukun untuk fi’il adalah تَعَادُلًا بَيْنَهُمَا artinya supaya adil diantara keduanya.

BAB I'RAB

Baca Juga : Isim Mu'rob dan Isim Mabni

Mu’rob

Apa pengertian Mu'rob?

Pengertian Mu’rob

Lughot : الاِبَانَةُ artinya jelas

Istilah : مَا تَغَيَّرَ اٰخِرُهُ بِسَبَبِاخْتِلَافِ الْعَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا

Kalimat yang termasuk mu’rob adalah kalimah isim dan kalimah fi’il, contoh lafad زَيْدٌ, يَنْصُر

Mabni

Apa pengertian Mabni?

Pengertian Mabni

Lughot : وَضْعُ شَيْئٍ عَلَى شَيْئٍ  artinya menyimpan/meletakan sesuatu pada sesuatu

Istilah : مَا لَا يَتَغَيَّرُ اٰخِرُهُ بِسَبَبِاخْتِلَافِ الْعَوَامِلِ الدَّاخِلَةِ عَلَيْهَا

Kalimat yang termasuk mabni adalah kalimah haraf, contoh جَاءَ هٰذَا, رَاَيْتُ هٰذَا, مَرَرْتُ هٰذَا

DOWNLOAD BAB I'RAB BENTUK  WORD

DOWNLOAD


Sekian artikel dari kami tantang bab i'rab yaitu tentang perubahan harokat akhir kalimat bahasa Arab. semoga bermanfaat dan penuh dengan keberkahan.

NAHWU