Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

KAMUS JAMAK TAKSIR : MUFROD - JAMAK, ARAB - INDONESIA


KAMUS JAMAK TAKSIR : MUFROD - JAMAK, ARAB - INDONESIA

Santri Alat - Kamus Jamak Taksir : Mufrod - Jamak, Arab - Indonesia - Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah Menganugerahkan limpahan nikmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan kamus ini yang bertemakan “Kamus Jamak Taksir”. Shalawat serta salam semoga tetap tersemat dan tercurah-limpahkan kepada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW, pun kepada keluarga, sahabat serta kepada umat-nya yang senantiasa teguh kukuh mengikuti dan menjalankan sirah kehidupan-nya.

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat kaya dengan kaidah atau ketentuan mengenai penjamakan nomina (isim). Ada dua jenis jamak di dalam bahasa Arab, yakni jamak salim (beraturan) dan jamak taksir (jamak tidak beraturan/broken plural). Untuk jamak beraturan ini ada dua jenis, yakni jamak muddzakar salim untuk pembentukan jamak nomina jenis laki-laki (maskulin) dan jamak muannas salim untuk pembentukan jamak nomina jenis perempuan (feminin).

Adapun jamak taksir pembentukannya dilakukan dengan beberapa cara, yakni dengan (a) penambahan huruf, (b) dengan pengaturan huruf, (c) dengan perubahan harakat, (d) dengan penambahan huruf sekaligus perubahan harakat, (e) dengan pengurangan huruf sekaligus perubahan harakat, dan (f) didapatkan juga penjamakan dengan cara matematis.

PETUNJUK PENGGUNAAN KAMUS

1. PENCARIAN KATA

Kata-kata dalam kamus ini disusun menurut abjad bahasa arab, yakni berawal dari huruf  Ø£ dan berakhir di huruf  ÙŠ maka yang awal dicari yaitu huruf awal dari kata yang ingin dicari contoh jika kita ingin mencari jamak taksir dari kata  كتاب maka kita mencari pada huruf  Ùƒ Sebagaimana kamus ini sesuai dengan judul yakni menghimpun mufradatmufradat yang memiliki jamak taksir. Adapun kamus ini menghimpun kata-kata yang tunggal (mufrad) lalu dijamak-kan ke jamak taksir.

2. SINGKATAN-SINGKATAN

a. Bahasa Indonesia

  1. Lk : laki-laki
  2. Pr : perempuan
  3. Sb : sebangsa

b. Bahasa Arab

  1. ʯ : jamak
  2.  Ù… : muannats

Untuk lebih jelas dan lebih lengkap Kamus Jamak Taksir bisa di unduh pada link download di bawah ini .

DOWNLOAD KAMUS JAMAK TAKSIR : MUFROD - JAMAK, ARAB - INDONESIA

UNDUH

NAHWU