Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

FI'IL MUTA'ADI DAN LAZIM

FI'IL MUTA'ADI DAN FI'IL LAZIM
FI'IL MUTA'ADI DAN LAZIM

 FI'IL MUTA'ADI DAN LAZIM

SANTRI ALAT - Fi'il Muta'adi dan Lazim - Perbedaan Fi'il Lazim dan Fi'il Muta''adi yaitu Fi'il Muta'addi adalah fi'il yang membutuhkan maf'ul (objek), sehingga tidak dikatakan sempurna kalimah tersebut jika tidak disertai dengan maf'ul (objek). Sedangkan Fi'il Lazim yaitu Fi'il yang tidak membutuhkan maf'ul (objek), cukup Fi'il sebagai predikat dan fa'il (subjek atau pelaku). 

Fiil lazim serta muta’ addi merupakan tipe perkataan fiil bersumber pada fa’il ataupun subyeknya. Dalam bandingan bahasa Indonesia, fi’ il lazim ini semacam dengan verba intransitif, ialah verba yang tidak menginginkan aksesoris ataupun subjek, misalnya kata berlari.

Fiil muta'adi kebalikan dengan fi’il lazim, cara membedakan Fiil muta'adi dan fi’il lazim ialah kata kerja transitif. Maksudnya beliau memerlukan objek selaku kesempuranannya. Kemudian apa yg diartikan dengan fiil lazim? Fi'il Lazim adalah fi'il yang tidak membutuhkan objek Catatan ini hendak mengungkapnya dilengkapi dengan contoh kalimat dan elat / alasan, juga qoidah ilmu shorof untuk dijadikan dasar atau rujukan.

Semoga dengan artikel ini kita bisa membuat dan menyusun kalimah bahasa Arab dengan baik dan benar sesuai dengan qaidah Bahasa Arab. Berikut penjelasan tentang Fi'il Muta'adi dan lazim :

FI'IL MUTA'ADI DAN FI'IL LAZIM

Fi’il Muta’adi

Apabila dilihat dari tarkiban kalamnya (susunn kalimat) fi’il muta’adi yaitu fi’il yang memiliki fa’il (subjek) dan maf’ul bih (objek) . Apa itu muta'adi? Muta’adi adalaah  وَهُوَ الَّذِيْ يَتَعَدّى مِنَ الفَاعِلِ الَى الْمَفْعُوْلِ بِه artinya  suatu perbuatan yang terjadi  dari fa’l ke maf’ul bihnya, contohnya ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا  ( Zaid telah memukul Umar). Pada contoh tersebut terdapat kalimah fi’il, fa’il dan maf’ul. Lafadz  ضَرَبَ sebagai fi’il (predikat), lafadz زَيْدٌ menjadi fa’il (subjek), dan lafadz عَمْرًا menjadi Maf’ul (objek).

Kalau berhenti di lafadz زَيْدٌ maka kalimah tersebut menjadi tidak sempuna karena tidak dapat di fahami dan akan menimbulkan pertanyaan bagi yang mendengar, yaitu “ziad sudah memukul”, pendengar akan bertanya “apa atau siapa yang di pukul Zaid”? maka dari itu mesti ada maf’ul (objek) yaitu lafadz عَمْرًا.

Kenapa fi’il muta’adi sering disebut juga dengan  fi’il waqi’?Karena  لِوُقُوْعِهِ عَلَى الْمَفْعُوْلِ artinya terjadinya perbuatan di maf’ul bih .selain itu sering disebut juga fi’il mujawiz. Sebabnya adalah لِتَجَوُّزِهِ الْفَاعِلِ artinya karena berlangsungnya perbuatan tersebut dari fa’il.

Fi’il Lazim

Apa itu fi'il lazim? Fi’il lazim yaitu  وَهُوَ الَّذِيْ لَمْ يَتَجَوّزْ مِنَ الفَاعِلِ الَى الْمَفْعُوْلِ بِه artinya suatu perbuatan yang tidak terjadi dari fa’il ke maf’ul bih, contohnya حَسُنَ زَيْدٌ (Zaid sudah menjadi baik ). Pada contoh tersebut terdapat kalimah fi’il, fa’il. Lafadz  حَسُنَ sebagai fi’il (predikat), lafadz زَيْدٌ menjadi fa’il (subjek), dikarenakan fi’il lazim tidak membutuhkan maf’ul (objek) cukup dengan fi’il (predikat) dan fa’il (subjek), maka kalimat tersebut dikatakan kalimat yang sempurna karena sudah dapat di fahami dan tidak menimbulkan pertanyaan lagi bagi yang mendengar.

Kenapa disebut fi'il lazim? Alasan disebut fi’il lazim لِلُزُوْمِهٖ عَلَى الْفَاعِلِ وَعَدَمِ انفِكَقِهِ عَنْهُ artinya karena pekerjaan tersebut terjadinya di fail saja dan tidak ada pemisah  antara pekerjaan tersebut dengan fa’ilnya . Kenapa fi’il lazim disebut  sebagai fi’il ghoir waqi? karena لِعَدَمِ وُقُوْعِهِ عَلَى الْمَفْعُوْلِ بِه artinya karena tidak terjadinya  pekerjaan di maf’ul bih.

Selain muta’adi  dan lazim ada pula hukum fiil yang ihtimal, apa itu fi'il ihtimal? fi'il ihtimal yaitu وَهُوَ مَا يُنْتَسَبُ بَيْنَ الْمُتَعَدِّى و اللَّازِمِ  Artinya  fiil yang bias muta’adi dan juga bias lazim, contohnya yang muta’adi اجتمعت به  artinya bertemu dengannya atau menjumpainya. Contoh yang Lazim اِجْتَمَعَ زَيْدٌ وَ عَمْرٌ artinya Zaid dan Umar sudah berkumpul.

Jadi kesimpulannya fi’il  terbagi menjadi tiga yaitu fi’il muta’adi ,fi’il lazim dan fi’il ihtimal.

Cara memuta’adikan fi’il lazim

Tata cara memuta’adikan fi’il lazim yaitu apabila fi’il tsulasi ingin dimuta’adikan maka tata cara memuta’adikannya ada tiga cara yaitu:
  • Dengan hamzah contoh اَكْرَمَ asal lafadz كَرُمَ Di muta’adikan dengan Hamzah
  • Dengan tadh’iful ‘ain contoh فَرَّحَ asal afadz فَرِح Di muta’adikan dengan Tadh’if
  • Dengan huruf jar contoh مَرَرْتُ بِزَيْدٍ Di muta’adikan dengan Haraf Jar

Apabila yang dimuta’adikan itu selain fi’il tsulasi Maka cara memutaadikannya hanya biasa dengan satu cara yaitu dengan huruf jar saja. Seperti qoidah :


بِالْهَمْزِ وَالتَّضْعِيْفِ عَدِّ مَا لَزِم * وَحَرْفِ جَرٍّ اِنْ ثُلَاثِيًّا وُسِم

وَغَيْرِهِ عَدِّ بِمَا تَأَخَّرَ * وَاِنْ حَذَفْتهَا فَلَازِمًا يُرَى


Dan apabila tiga cara memuta’adikan itu dihilangkan maka hukum fi’il tersebut  menjadi lazim kembali.

Contoh Fi'il Lazim dan Fi'il Muta'adii 

5 Contoh Fi'il Lazim

  • قَامَ زَيدٌ
  • جَلَسَ مُحَمَّدٌ
  • تَنَامُ هِنْدٌ
  • جَاءَ زَيدٌ
  • خَرَجَ مُحَمَّدٌ

5 Contoh Fi'il Muta'addi

  • يَكْتُبُ مُحَمَّدٌ الرِّسَالَةَ
  • اَكَلَتْ هِنْدٌ الرُّزَّ
  • قَرَأَ زَيدٌ الْكِتَابَ
  • اَخَذَ مُحَمَّدٌ الرِّسَالَةَ
  • طَبَخَتْ هِنْدٌ الرُّزَّ

Contoh Fi'il Lazim dan Fi'il Muta'adii Dalam Al Qur'an

Contoh Fi'il Lazim

ٱلَّذِيْ جَمَعَ مَا لًا وَّعَدَّدَهٗ 
"yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,"
(QS. Al-Humazah 104: Ayat 2)

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍ 
"Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?"
(QS. Al-Fil 105: Ayat 2)

وَرَاَ يْتَ النَّا سَ يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللّٰهِ اَفْوَا جًا 
"dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah,"
(QS. An-Nasr 110: Ayat 2)

Contoh Fi'il Muta'addi

يَحْسَبُ اَنَّ مَا لَهٗۤ اَخْلَدَهٗ 
"dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya."
(QS. Al-Humazah 104: Ayat 3)

اِذَا جَآءَ نَصْرُ اللّٰهِ وَا لْفَتْحُ 
"Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,"
(QS. An-Nasr 110: Ayat 1)

اَ لَا ۤ اِنَّهُمْ هُمُ الْمُفْسِدُوْنَ وَلٰـكِنْ لَّا يَشْعُرُوْنَ
"Ingatlah, sesungguhnya merekalah yang berbuat kerusakan, tetapi mereka tidak menyadari."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 12)

DOWNLOAD FI'IL MUTA'ADI DAN LAZIM BENTUK WORD

DOWNLOAD

Sekian yang bisa saya paparkan atau jelaskan materi tentang Fi'il Muta'aadi dan Lazim semoga bermanfaat untuk bisa membantu dalam  menyusun kaliat Bahasa Arab dengan baik dan benar. Pantau terus artikel terbaru kami di blog santrialat.com .
Shorof