Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

MABADI ILMU SHOROF

MABADI ASYRAH ASYRAH ILMU SHOROF
MABADI ILMU SHOROF

MABADI ILMU SHOROF

SANTRI ALAT - MABADI ILMU SHOROF - Ilmu shorof (dasar; shorof, alterasi pelafalan; sharaf, shorof, sorof) ialah patuh ilmu yang harus dipelajari oleh siapa saja yang mau menguasai bahasa Arab dengan cara bagus. Ilmu shorof bersama dengan ilmu nahwu jadi benih ilmu lain dalam jangkauan bahasa Arab. Dibilang kalau ilmu ini merupakan ilmu tersulit dalam bahasa Arab, karena ilmu shorof merupakan ibu dari semua ilmu dalam bahasa Arab.

Ilmu Shorof merupakan ilmu yang membahas perubahan bentuk kalimat bahasa arab dari satu asal yang di sebut Aslul Wahid. Para ulama berbeda pendapat dalam memaknai  Aslul Wahid, ada yang berpendaapat fiil madi dan ada juga yang berpendapat masdhar. Dari Aslul Wahid tersebut lahir lah kalimat-kalimat yang lain seperti : Fiil Madhi, Mudhore, Masdhar, Isim Fail, Isim Maf’ul, Fiil Amr, Fiil Nahyi, Isim Zaman, Isim Makan, Isim Alat.

Saat sebelum berlatih lebih jauh mengenai shorof, betapa bagusnya kita mengenal terlebih dulu dengan yang namanya“ ilmu shorof”. Buat mengenal dengan ilmu shorof, kita wajib mengenali 10 Mabadi Ilmu Shorof (Mabadi Asyrah) seperti ilmu nahwu yang mempunyai 10 mabadi yaitu mabadi ilmu nahwu (mabadi asyrah). Terlebih Dahulu akan membahas tentang alasan diawali dengan Basmallah dan Mabadi Ilmu Shorof. Sebelum kita membahas lebih jauh ilmu shorof kita harus tahu dulu mabadi Ilmu tersebut, yang teridi dari 10 Mabadi (Mabadi Asyrah) diantaraya: Had (Pengertian), Maudhu’ (hal yang diatur/objek kajian ilmu shorof), Tsamroh (faidah/manfaat mempelajarinya), Hukum mempelajarinya, Nisbat (hubungan dengan ilmu yang lain), Wadhi’(pengarang/perintis ilmu shorof), Ismun (nama), Masalah yang di bahas, Fadhilah atau keutamaannya. 10 mabadi ini dijadikan 10 dasar ilmu nahwu shorof yang wajib kita ketahui sebelum kita lebih jauh membahas isi dari kajian ilmu nahwu dan shorof.

Berikut penulis sajikan penjelasan atau pemaparan dari alasan diawali dengan Basmallah dan Mabadi Ilmu Shorof (Mabadi Asyrah) sebagai berikut :

Apakah arti lafadz  بسم الله الرحمن الرحيم?
artinya dengan menyebut nama Allah yang memiliki semua sifat ketuhanan yang banyak memberikan nikmat besar dan nikmat kecil.

Dalam setiap pan atau kitab kita perlu membahas   بسم الله الرحمن الرحيم seperti yang dikatakan beberapa ulama 

ينبغى لكل شارع فى فن من فنون العلومات يتكلم على البسملة بالطرف يناسب ذلك الفن

"artinya apabila seseorang bermaksud untuk belajar sesuatu pan ilmu maka penting baginya membahas بسم الله الرحمن الرحيم sesuai dengan pan ilmu tersebut."

Mengapa kita perlu membahas بسم الله الرحمن الرحيم dalam setiap pan ilmu atau kitab? Alasannya ada dua ,yaitu:

1. Mengikuti kitab suci (Al-Qur'an)

اقتداءبالكتاب العزيز 

2. Mengamalkan hadits

كل امر ذى بال لا يبتدء فيه البسملة فهو اقطع او اجدم او ابتر

"artinya setiap perkara baik apabila tidak dimulai dengan membaca بسم الله الرحمن الرحيم maka hal tersebut dianggap seperti hewan yang cacat ekornya atau pincang kakinya."

Dan apa sebabnya dalam setiap kitab kita mesti membahas بسم الله الرحمن الرحيم? Karena ada suatu keterangan ulama yang mengatakan لان من ترك بحث البسملة فهو قصور او تقصير artinya karena sesungguhnya barangsiapa yang tidak membahas بسم الله الرحمن الرحيم maka orang tersebut termasuk ke dalam orang orang yang bodoh atau ceroboh.

Arti lafadz بسم الله الرحمن الرحيم yaitu :

قا ئقها باسم الذات الجامعة على جميع الصفات الالوهية المنعم بد

 Dalam setiap pan ilmu terdapat mabadi atau persiapa seperti yang dikatakan beberapa ulama :

Persiapan setiap pan ada sepuluh :

ان المبادى كل فن عشرة     الحد والمضوع ثم ثمرة

و فضله ونسبة والواضع   والا سم الاستمدادحكم الشارع

مسائل والبعض بالبعض اكتفا  ومن درى الجميع حاز السارفا

Persiapan setiap pan ada sepuluh.  Pertama ta'rif kedua maudhu'(hafalkan) dengan sungguh

Ketiga faidah keempat fadhilahnya.  Lima hubungan enam pengarangnya

Ketujuh nama pan ke delapan asal pan

Kesembilan bagaimana menurut hukum syara'nya. Ke sepuluh bagaimana isi syara'nya

MABADI ASYRAH ILMU SHOROF

10 Mabadi Ilmu Shorof

Had atau pengertian Ilmu Shorof

Pengerian Ilmu Shorof Terbagi 3 Yaitu:

Menurut lughot: وهو التغيير artinya sesuatu perubahan

Menurut istilah amal :

    ا لواحد الى الامثلة المختلفة لمعان مقصودة لا تحصل الا بها تحويل الاصل

artinya pemindahan bentuk kata dari satu asal kata ke berbagai kata contoh yang berbeda beda yang tidak akan didapatkan kecuali dengan contoh contoh tersebut .

Menurut istilah ilmu:

 علم باصول يعرف بها احوال ابنية الكلم التى ليست اعرابا ولا بناء من اصالة او من زيادة اومن غيرها

artinya suatu ilmu untuk mengetahui suatu bentuk kata yang tidak mengetahui mu'rob dan mabninya yang mengetahui asal, zaidah, dan selain yaang dua yaitu elal.

Seperti koidah:

تصريفهم في اللغة التغيير.   في عرفهم اتكم التقصير

او الى    امثلة تخالفة ليحصاد تحويل الاصل  لمثال

Arti tashrif menurut lughat berubah.   Akan dibahas menurut istilah

Perpindahan asal suatu kata     ke berbagai contoh yang berbeda


Maudhu'atau Hal Yang Diatur Oleh Ilmu Shorof/Objek Kajian Ilmu Shorof

Hal yang diatur oleh ilmu shorof yaitu ابنية الكلم العرب artinya pengaturan kalimat bahasa arab

Tsamroh/Faidah Atau Manfaat

Manfaat ilmu shorof yaitu الاختراز عن الخطاء فى اللسان artinya untuk menjaga dari kesalahan dalam berbicara atau لحصول المعان المختلفة artinya untuk mendapatkan arti yang berbeda atau ورسولهلفهم كلام الله  artinya untuk memahami firman Allah dan Rasul-nya

Istimdad/Isytiqoq Atau Asal

Asal ilmu shorof yaitu وهو من كلام العرب الفاصحة artinya berasal dari kalimat bahasa arab yang fasihat

Hukum

Hukum belajar ilmu shorof terbagi 2 yaitu :

Fardhu ain : bagi siapa saja yang bermaksud untuk mempelajari Al-Qur'an dan hadits

Fardhu kifayah : bagi masyarakat umum

Nisbat Atau Hubungan

Hubungan ilmu shorof dengan ilmu lainnya yaitu trrmasuk nisbat tabayun yang artinya suatu hubungan yang bertolak belakang tapi saling membutuhkan.

Wadhi' Atau Pengarang Ilmu Shorof/Perintis Ilmu Shorof

Pengarang ilmu shorof yaitu syaikh mu'adz bin Muslim Al haro. Mengapa disebut alharo? Karena menyerupai bulu belakang kucing

Ismun Atau Nama

Nama kitab ini adalah ilmu shorof

Masalah Ilmu Shorof

Masalah ilmu shorof yaitu kalimat bahasa arab.apabila dari fi'il , fi'ilmutashorif dan apabila dari isim, isim mutamakin.

Fadhilah Atau Keutamaan Ilmu Shorof

Keutamaan ilmu shorof dibandingkan dengan ilmu lainnya yaitu هو افضل من سا ىر العلوم artinya hiasan bagi yang mempunyai nya atau mempelajari nya.

DOWNLOAD MABADI ILMU SHOROF BENTUK WORD

DOWNLOAD

Sekian yang dapat kami jelaskan dalam artikel ini, semoga bisa membantu khususnya bagi para santri yang sedang mendalami atau mempelajari kitab kuning di Pesantren. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi para pembaca. Jangan lupa untuk selalu memantau artikel terbaru  di blog kami SANTRI ALAT.


Shorof